Belum Kantongi IMB, Satpoll PP Segel Proyek Tower

Belum terbitnya ijin pembangunan menara telekomunikasi yang ada di RT 04 RW 01 Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis membuat petugas Satpol PP Kabupaten Ciamis menyegel pembangunan tower yang sudah separuh jadi tersebut, senin 06 November 2017. Akibat dari penyegelan tersebut, seluruh pengerjaan proyek tower dihentikan sementara hingga terbit ijinnya. Kegiatan penyegelan tersebut dipimpin langsung oleh Bandi Subroto SIP, selaku penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis berdasarkan Surat Perintah Kasatpol PP Kab Ciamis Nomor 182.1/     /Pol PP.02. Kegiatan penyegelan tower tersebut turut disaksikan oleh ketua RT 04 dan Ketua RW 01 serta petugas dari Kelurahan Cigembor. Kegiatan penyegelan itu sendiri berjalan lancar tanpa adanya perlawanan dari pekerja.

Cigembor Juara 1 Pawai Taaruf MTQ Tingkat Kecamatan Ciamis

Perhelatan Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Ciamis Tahun 2017 yang digelar di Kelurahan Cigembor, Sabtu 14 Oktober 2017 berlangsung sukses. Acara ajang cari bakat qori dan qori’ah ini terbaik ini memperlombakan 7 cabang lomba antara lain: 1) Tilawah Al-Qur’an, 2) Hifdzil Qur’an, 3) Tafsir Al-Quran, 4) Fahm Al-Qur’an, 5) Syarh Al-Qur’an, 6) Khath Al-Qur’an dan 7) Makalah Al-Qur’an.

Kelurahan Cigembor sendiri sebagai tuan rumah hanya mampu menyabet predikat ke 3 lomba Hifdzil Qur’an atas nama Moh. Rizki Nugraha (15 tahun) warga RT 01/01 Lingk. Desa . Sementara dari Lomba pawai Taaruf, Kelurahan Cigembor menjadi Juara 1 setelah mengirimkan peserta pawai terbanyak dengan jumlah kendaraan roda empat 40 mobil dan ratusan peserta.

Pawai taaruf yang diikuti oleh seluruh peserta ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Ciamis ini dimulai dari venue BMX mengelilingi desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Ciamis. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan sekaligus informasi kepada seluruh masyarakat sedang dilaksanakan kegiatan MTQ.

Kegiatan yang dilaksanakan seharian penuh ini akhirnya diperoleh hasil Desa Imbanagara sebagai juara umum yang telah menyabet hampir seluruh cabang lomba. Juara 1 tingkat Kecamatan Ciamis ini akan menjadi wakil Kecamatan Ciamis pada kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Ciamis yang akan datang.

 

 

Kelurahan Cigembor Tuan Rumah MTQ Tingkat Kecamatan Ciamis

Kelurahan Cigembor akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Ciamis yang akan digelar Sabtu, 14 Oktober 2017 yang akan diikuti oleh para kafilah dari seluruh kelurahan dan Desa se Kecamatan Ciamis. Adapun lokasi yang digunakan di GOR Pelita Graha, Mesjid Jami At-Taqwa dan SDN 1-3 Cigembor.

Cabang MTQ yang diperlombakan antara lain: 1) Tilawah Al-Qur’an, 2) Hifdzil Qur’an, 3) Tafsir Al-Quran, 4) Fahm Al-Qur’an, 5) Syarh Al-Qur’an, 6) Khath Al-Qur’an dan 7) Makalah Al-Qur’an.

Lomba MTQ tingkat Kecamatan Ciamis ini diikuti oleh anak-anak, remaja dan orang tua dengan batasan usia maksimal 41 tahun. Adapun tujuan kegiatan MTQ ini untuk pengembangan pembacaan dan pemahaman Al-Qur’an. Lebih lanjut para peserta yang masuk final akan menjadi wakil Kecamatan Ciamis pada kegiatan even MTQ tingkat Kabupaten Ciamis yang akan datang.

Menurut Panitia MTQ Tingkat Kelurahan Cigembor, H. Jaja, mengatakan, “untuk peserta yang jauh, pihak panitia kelurahan sudah menyiapkan rumah-rumah penduduk yang berdekatan dengan lokasi untuk istirahat, ujarnya.

Kebocoran Gas 3 Kg Picu Kebakaran

Telah terjadi bencana kebakaran di Lingkungan Desa RT 03 RW 01 Kelurahan Cigembor pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017 pukul 15.30 Wib yang menimpa rumah Mimi (78 tahun). Kronologis kejadian bermula ketika anak korban, Wiwin (33 tahun) akan mengganti regulator gas untuk memasak Nasi, diduga regulator gas bocor dan mengeluarkan suara mendesis. Pada saat yang bersamaan, korban sedang memasak menggunakan kayu bakar, sehingga api menyambar gas yang bocor tersebut. Akibatnya terjadi ledakan disertai kobaran api yang menyebabkan bagian dapur terutama dinding dan atapnya hancur. Rumah yang dibangun dari program Rutilahu tersebut, seluruh perabot dan isinya hancur terbakar, Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun anak korban, Wiwin yang saat kejadian berada di lokasi kebakaran mengalami luka bakar di bagian kaki. Korban langsung mendapatkan perawatan dari bidan Yanti yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari TKP. Akibat dari kejadian tersebut, korban menderita kerugian sekitar 5 juta rupiah.

Kegiatan PKK tingkat Kelurahan Cigembor

Pelaksanaan pertemuan rutin Tim Penggerak PKK tingkat Kelurahan Cigembor dilaksanakan hari Senin, 25 September 2017 bertempat di Aula Kelurahan Cigembor yang pada kesempatan ini dilaksanakan oleh RW 04 sebagai penyelenggara.

Dalam sambutannya, Ketua RW 04 mengatakan, “bahwa RW 04 terdiri dari 5 RT dengan jumlah penduduk 549 orang terdiri dari laki-laki 263 orang dan perempuan 286 orang. Lebih lanjut dikatakan, jumlah kepala keluarga ada 205 KK, PUS 112 jiwa, Pra KS 6 jiwa dan KSI sebanyak 49 orang. Sedangkan kelompok dasawisma sebanyak 5 kelompok.

Adapun kegiatan PKK yang dilaksanakan di RW 04 untuk Pokja I antara lain:

  • Pengajian bulanan yang dilaksanakan tiap hari rabu minggu ke I
  • Pengajian tiap hari Jumat sore di Mesjid Al-Mu’min
  • Pengajian keliling ke taip mesjid yang ada di wilayah RT setiap malam rabu.
  • Mengikuti kegiatan Pawai Ta’aruf dalam rangka peringatan tahun Baru Islam 139 H di Lapangan Lokawinaya

Kegiatan yang dilaksanakan Pokja II antara lain:

  • Adanya Posyandu, BKB, PAUD dan Pusbila yang semuanya terintegrasi. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan jadwal yang sudah biasa dilaksanakan.
  • Adanya kegiatan Koperasi yaitu UPPKS Sauyunan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pokja III antara lain:

  • Pemanfaatan tanah pekarangan di RW 04 untuk ditanami Tanaman obat dan sayur
  • Kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi

Pemberian Santunan Warnai Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H

Pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam 1439 H di Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis tidak hanya diisi dengan kegiatan pawai obor maupun pawai ta’aruf mengelilingi jalan, namun juga dilaksanakan pemberian santunan bagi anak yatim dan kaum jompo.

Berdasarkan laporan dari ketua PHBI Kelurahan Cigembor, H. jaja, mengatakan, “semua santunan yang masuk merupakan partisipasi aktif seluruh masyarakat Cigembor.” H. Jaja menambahkan, dari seluruh sumbangan yang masuk, tercatat uang sebesar 5,5 juta rupiah, beras 200 kg, mie instan 26 dus, gula pasir 30 kg dan minyak goreng 180 kantong.

Lebih lanjut, H. jaja menambahkan dari seluruh santunan yang masuk didonasikan kepada anak yatim piatu dan para jompo yang ada di wilayah Cigembor sebanyak 205 orang. Selain pemberian santunan kepada warga yatim dan jompo, Baznas Kecamatan Ciamis juga memerikan insentif kepada para tenaga pendidik DTA.

Mudah-mudahaan tahun depan, kita bisa melaksanakan kegiatan serupa dengan acara yang lebih meriah dan tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan bantuan sumbangan lebih tinggi, ujar H. Jaja.

Ratusan Warga Cigembor Ikuti Pawai Tahun Baru Islam

Ratusan warga Muslim Kelurahan Cigembor mengikuti pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriah yang start dan finish dari Lapangan Lokawinaya Cigembor.

“Alhamdulillah peserta pawai akbar tahun ini sangat ramai, yakni tercatat diikuti oleh sebanyak 235 kendaraan hias dengan berbagai kreasi berornamen Islami serta ratusan warga kelurahan Cigembor, tumpah ruah di lapangan semakin menambah semarak pawai yang rutin digelar setiap tahun baru Islam di Cigembor,” kata Ketua PHBI Keluraha Cigembor, H. Jaja dalam sambutannya, Kamis 21 September 2017.
Pawai Taaruf memperingati Tahun Baru Islam ini secara resmi dilepas Lurah Cigembor, Herliana. Sebelum melepas peserta pawai, beliau berpesan agar selama mengikuti pawai, seluruh peserta agar selalu berhati-hati di jalan, dan bagi peserta yang mendapatkan kendala selama di perjalanan disediakan mobil ambulan serta tenaga medis dari Poskedes Kelurahan Cigembor.

“Alhamdulillah tahun ini sangat meriah, karena peserta yang hadir bukan hanya orang tua saja tetapi juga anak-anak mulai dari anak DTA, SD serta tokoh remaja. Meskipun diterpa cuaca yang sangat panas, namun seluruh peserta dapat mengikuti acara hingga tuntas, ujarnya.

Adapun rute yang akan dilalui oleh peserta pawai adalah start mulai dari Lapangan Lokawinaya kemudian dilanjutkan ke jalan Lingkar Selatan (Otista), Jalan Handapherang,  Jalan Kapten Murod Idrus, Venue BMX, Jl. Kapten Harsono Sudiro, Jalan Lingkar Selatan, Lingk. Sinar, dan finish kembali di Lapangan Lokawinaya.
Selain kegiatan pawai, acara peringatan Tahun Baru Islam ini juga dilaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim piatu, orang jompo serta insentif kepada guru DTA dari Baznas.

Surat Edaran Mendagri Nomor 470/296/SJ tentang KTP-el Berlaku Seumur Hidup

Surat Edaran Mendagri Nomor 470/296/SJ tentang KTP-el Berlaku Seumur Hidup (Untuk Gubernur, Bupati/Walikota)

Mendagri Tjahjo Kumolo telah menerbitkan dua surat edaran pada Jum’at (29/01/2016) terkait masa berlaku KTP elektronik (KTP-el) seumur hidup.

Pertama, Surat Edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian.

Kedua, Surat Edaran Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Kedua surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang KTP elektronik