Rakor Tingkat RW Kelurahan Cigembor #2

2-hari-kedua-06

Rapat Koordinasi Tingkat Rukun Warga (RW)

#Hari Kedua

Inilah kami, warga RW 06 Lingkungan Burujul Kelurahan Cigembor, merasa sangat senang dengan kehadiran para aparat kelurahan, dalam rangka rakor tingkat RW. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan menjembatani kebutuhan dan keinginan warga, untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, khususnya di RW 06 umumnya di Kelurahan Cigembor. Kata-kata tersebut terlontar dari Ketua RW 06 Kelurahan Cigembor, Ukim Hakimin, dalam pembukaan acara rapat koordinasi tingkat RW.

Dengan bertempat di rumah Ketua RW, dilaksanakan rapat koordinasi tingkat RW Kelurahan Cigembor hari kedua. Meskipun cuaca kurang bersahabat, sekitar 25 orang warga hadir ditempat tersebut, yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat, agama, perempuan, pemuda dan para Ketua RT.

Dalam sesi diskusi/tanya jawab, didominasi dengan pembahasan pembangunan infrastruktur yang ada diwilayah RW 06, diantaranya yaitu penangangan masalah abrasi sungai Cipalih, tepatnya di Blok Legok Hayam. Akibat abrasi tersebut sekira 70 meter tebing/pinggiran sungai Cipalih di lokasi itu terlihat rusak. Hal tersebut berpotensi untuk merusak lahan sawah yang ada disekitar, juga membahayakan keamanan bagi warga sekitar. Menyikapi tersebut, Lurah Cigembor, Herliana, akan segera menindaklanjuti dengan melaporkan dan berkoordinasi dengan instansi terkait, baik di Pemda Kabupaten Ciamis maupun instansi lainnya (BBWS).

Perihal lain yang menjadi bahasan adalah mengenai posisi penerangan jalan umum (PJU) yang dianggap kurang tepat posisinya. Untuk itu pihak warga RW 06 melalui Kelurahan Cigembor, akan memohon ijin kepada dinas teknis terkait untuk berswadaya untuk memindahkan PJU dimaksud ke tempat yang dianggap lebih tepat.

Seperti halnya dengan laporan/informasi yang disampaikan warga pada Rakor RW di RW 08, pada rakor kali ini, beberapa orang warga menyampaikan bahwa diseputaran rumahnya terlihat bekas ‘bagong’. Menyikapi hal tersebut, Herliana akan membahasanya dengan lembaga kemasyarakatan yang ada di Kelurahan Cigembor untuk segera mengambil tindakan.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala Seksi Pemerintahan yang juga Plt. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Cigembor, Ginanjar Rahayu, S.IP., menyampaikan mengenai capaian dan sisa PBB-P2 yang ada di Kelurahan Cigembor, juga kewaspadaan menghadapi musibah/bencana yang mungkin terjadi di wilayah Cigembor.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Hj. Ade A.M, S.IP., menyampaikan salah satu program tugasnya mengenai pemberdayaan lansia (lanjut usia) melalui kegiatan rutin seperti pengajian, senam, kesenian, kerajinan dan lain-lain. Hal ini didasarkan bahwa di wilayah Cigembor, khususnya di RW 06 berpotensi dari sisi kuantitas juga kualitas. Diharapkan para lansia yang ada, akan tetap mampu berkarya, beraktivitas positif serta eksis dalam setiap kegiatan di masyarakat. (fad).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *