Pengukuhan Kelompok Wanita Tani “TANJUNG” Kelurahan Cigembor

Para Pengurus KWT Tanjung berfoto bersama usai dikukuhkan

Bertempat di Balai Lingkungan Burujul Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis pada hari Jumat tanggal 15 September 2017 telah dilaksanakan Pengukuhan KWT Tanjung. Acara pengukuhan KWT Tanjung dipimpin langsung oleh Lurah Cigembor, Herliana, dengan menobatkan Ibu Icah sebagai Ketua.

Terbentuknya kelompok tani ini di dorong oleh kesadaran dan keinginan yang kuat untuk meningkatkan penghasilan pertanian dan perkebunan sehingga dengan sendirinya dapat merubah sosial ekonomi keluarga dan juga untuk mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lain yang pertanian dan perkebunannya telah maju berkembang dan bahkan berprestasi.

Kelompok Wanita Tani atau yang sering disingkat KWT, merupakan salah satu bentuk kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri dari para wanita-wanita yang berkecimbung dalam kegiatan pertanian. Berbeda dengan kelompok tani yang lainnya, kelompok wanita tani dalam pembinaannya diarahkan untuk mempunyai suatu usaha produktif dalam skala rumah tangga yang memanfaatkan atau mengolah hasil-hasil pertanian maupun perikanan, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Petani dalam hal ini Kelompok Wanita tani (KWT), sebagai pelaku utama pembangunan pertanian perlu diberdayakan agar mereka mampu menganalisa masalah dan peluang yang ada serta mencari jalan keluar sesuai sumberdaya yang dimilikinya. Pemberdayaan kelompok wanita tani merupakan konsep yang dikembangkan untuk memperkuat kemandirian petani.

Lahan Garapan KWT Tanjung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *